Agar Kualitas Tidur Bayi Terjaga



Jika saat tidur bayi gelisah, uring-uringan, menangis, dan terbangun mendadak seperti orang kaget, ini artinya bayi tidur tak nyenyak. Agar tidurnya berkualitas alias bayi bisa tidur nyenyak, ibu dan ayah dapat melakukan hal-hal berikut:

1. Kurangi aktivitas dengan kegiatan lebih rileks sekitar 10-15 menit menjelang tidur.
2. Saat bayi menangis di tengah malam, tenangkan lalu bimbing ia agar mau tidur kembali. Misal, dengan menepuk-nepuk lembut tubuhnya.
3. Coba periksa posisi tidurnya, lalu perbaiki. Bayi bisa berteriak atau menangis karena tidak nyaman dengan posisi tidurnya. Bisa juga lantaran suasana kamar yang tidak mendukung, siapa tahu si kecil terganggu oleh suhu kamar yang terlalu panas atau dingin, ada nyamuk yang menggigitnya, atau popoknya basah. Intinya, pastikan kondisi lingkungan tempatnya tidur harus kondusif.
4. Jangan membangunkan bayi yang berteriak atau menangis saat tidur. Tunggu saja sampai ia terbangun sendiri. Membangunkannya, apalagi dengan mendadak, akan membuatnya menangis lebih keras.
5. Dekap si kecil dan berbicaralah lembut kepadanya. Meski dalam kondisi tidur, bayi masih sensitif dengan suara. Katakan, ibu atau ayah ada di sampingnya, ibu dan ayah mencintainya, atau hal lain yang menambah kenyamanan si kecil. Ia pasti bisa mendengarnya dan membuatnya merasa lebih nyaman dalam tidurnya.


sumber : kompas.com

No comments:

Post a Comment